Jumat, 01 November 2013

Cara Menggunakan Proxy Server di Windows dan IDM



Halo semua... mungkin buat yg belum tau pasti bingung "proxy..apaan tu...?", sebenarnya proksi memiliki banyak fungsi contoh yg paling sederhana ya "membatasi kecepatan online". saat kita menggunakan layanan hotspot (terutama yg gratisan kya dikampus, restoran, mall .etc) pasti lemot padahal kalau mau dbilang kalau kuotanya dari kampus pasti gede tpi kok lamban? nah itulah salah satu fungsi server proxy.









pada dasarnya, yg terjadi ialah saat kita mengakses internet, kita dipaksa melewati server proxy yg dengan tujuan membatasi kecepatan internet, "Internet Sehat", dll. Nah maka dari itu, agar kecepatan internet kita tidak dibatasi, yg perlu kita lakukan adalah menggunakan "proxy server" dimana bertujuan untuk memby-pass proxy pembatas kecepatan internet tadi... dripada kebanyakan ngomong, mending langsung ke TKP...


1. langkah awal yaitu mencari proxy yg paling cepat, bisa dicari di
hidemyass.com
proxynova.com
dll.
tetapi untuk tutorial kali ini, saya menggunakan hidemyass karena sudah terpercaya...

pertama-tama, buka hidemyass.com



kemudian klik pada IP: Port proxies maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini




yang perlu dilakukan adalah klik pada kolom port dan isi dengan "80" (Merah) kemudian pada kolom Speed,hapus centang lain dan sisakan hanya pada kolom "Fast" (Kuning) kemudian klik button "Update Results" (hujau) setalah itu akan tampil barisan proxy yg siap dipakai.



bisa dilihat disitu yg paling cepat dari rusia dengan ip 78.180.88.210 port 80 dan yg kedua dari United States .


Proxy server bisa dipasang d 3 tempat berbeda tergantung kebutuhan yaitu OS sendiri yang mana memungkinkan semua aplikasi mengkunakan server yg sama, Download Manager tentunya untuk kebutuhan download saja da yg terakhir Browser untuk browsing.


2. Downloader yg saya gunakan yaitu IDM dan Cracknya, silahkan download idm kalau belum punya (usahakan versi terbaru).



buka idm lalu klik gambar Options



klik menu Proxy/Socks



kemudian centang "Use proxy" dan juga "http" ,"https" , dan "ftp" .



kemudian copy IP PROXY yang tadi kita pilih (ip 78.180.88.210 port 80 ) dan paste ke ip => Proxy server address(kiri) dan Port => port (kanan) kemudian tekan OK

3. terakhir penggunaan di Windows sendiri. klin logo windows (yg d keyboard or di kiri bawah desktop) kemudian tulis di colom search "proxy"



kemudian klik Configure proxy server atau langsung saja tekan Enter.



centang box "Use proxy for your LAN" dan "Bypass proxy server for local addresses" kemudian



paste ip => Address (merah) dan port (orange) kemudian klik OK

CATT: tidak semua proxy cocok dengan jaringan yg kita pakai jdi harus coba satu-satu. "ada software buat tau proxy yg pas buat kita ngak?" klw tu tanya google krna ku ngak tau .

klw bingung tinggalin commend or langsung ke grub fbku or Fans Page ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar